SELAMAT DATANG DI SMK YIC PALASAH SELAMAT HARI RAYA IDULFITRI1434 H Mohon Maaf Lahir dan Batin

Jumat, 02 Agustus 2013

Pendidikan Pada Usia Dini

Pendidikan anak usia dini  sesungguhnya adalah merupakan tanggung jawab bersama antara keluarga, masyarakat dan pemerintah. Sekolah sebagai pembantu kelanjutan pendidikan dalam keluarga, sebab pendidikan yang pertama dan utama diperoleh anak ialah dalam keluarga. Keluarga sebagai satuan unit sosial terkecil merupakan lingkungan pendidikan yang paling utama dan pertama, dalam arti keluarga merupakan lingkungan yang paling bertanggung jawab mendidik anak-anaknya.
Pendidikan yang diberikan orang tua adalah terutama pendidikan dasar. Pola sikap, perilaku,yang ditanamkan orangtua kepada anak melalui pengasuhannya itu merupakan perkembangan kepribadian dan tingkah laku anak.
Dalam hal ini keluarga tetap menjadi kelompok pertama. Orang tua memegang peranan utama dalam perkembangan pendidikan anak dan berlangsung lama ditandai dengan cinta kasih dan hubungan yang penuh kasih sayang. Anak pada usia (0-5 tahun) merupakan usia yang sangat menentukan, dalam pembentukan karakter dan kepribadian seorang anak. Pada masa itu anak-anak mengalami salah satu pembentukan dasar kepribadian.
Jika mereka mendapat pendidikan yang benar akan terbentuk dasar-dasar kepribadian yang benar. Sebaliknya, jika mendapat pendidikan yang salah maka akan terbentuk dasar kepribadian yang salah. Fungsi pendidikan bagi anak usia dini tidak sekadar untuk memberikan berbagai pengalaman belajar seperti pada orang dewasa, tetapi lebih berfungsi untuk  perkembangan kecerdasannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar